Thursday, March 30, 2017

Dead Man Defense (DMD)

Dead Man Defense adalah metode pertahanan dari seorang pemain yang sudah jelas-jelas kalah dengan mengulur waktu agar lawan melakukan blunder/kesalahan dalam menjalankan buahnya.

Dalam catur korespondensi dimana langkah dihitung dalam hari dan standar normal 10 langkah dalam 50 hari, maka dengan menggunakan metode DMD kekalahan akan bisa ditunda selama berbulan-bulan.

Untuk itu ICCF mengijinkan pemain melakukan claim (menang atau remis) dengan menggunakan 'endgame tablebase' yang penggunaannya sangat terlarang di situs-situs catur online lainnya.

Endgame Tablebase sendiri adalah database yang berisi langkah-langkah catur pada permainan akhir (dengan jumlah buah tertentu yang masih ada di atas papan) sehingga hasil akhir permainan catur tersebut sudah dapat diketahui dari database yang ada.

Ada beberapa jenis endgame tablebase yang ada di internet, yang populer adalah Nalimov dan Lomonosov, 6-piece (atau juga biasa disebut 6-men) Lomonosov tablebase dapat diakses oleh player ICCF untuk mengajukan claim dengan menggunakan tablebase tersebut, hasil kerjasama antara ICCF dan CHESSOK (Convecta Ltd). Saat ini juga Lomonosov Supercomputer juga sudah membuat 7 men tablebase, yang hanya dapat diakses melalui aplikasi android.

------------------
Apa yang terjadi jika papan kita hanya tersisa 6 buah (6-man, hitam-putih termasuk Raja?): check
Endgame Tablebases, pasang ke-6 buah tersebut diatas papan dan check hasilnya, jika kita kalah atau remis segera ajukan resign atau draw, jika kita menang, tunggu 1 langkah, beri kesempatan untuk lawan mengajukan resign, jika tidak, claim menang dengan menggunakan tablebase, server ICCF akan langsung mengenali posisi 6-men tablebase dan memberi kita kemenagan.
Amici Sumus.

*dikutip dari penjelasan Pak Yosua Sitorus di Grup Facebook ICCF Indonesia